Minggu, 08 Januari 2012

Tugas Softskill Koperasi Indonesia

Nama     :    Nur Amelia
Npm      :    25210114
Kelas      :    2eb23

1.  Sebutkan dan jelaskan masalah yang dihadapi perkoperasian di Indonesia!

A.  Kelembagaan Koperasi
 
Sejumlah masalah kelembagaan koperasi yang memerlukan langkah pemecahan di masa mendatang meliputi hal-hal  :

kelembagaan koperasi belum sepenuhnya mendukung gerak pengembangan   usaha.
alat perlengkap organisasi koperasi belum sepenuhnya berfungsi dengan baik.

B. Usaha Koperasi 

masalah-masalah yang dihadapi dalam pengembangan usaha koperasi tidak dapat dipisahkan dari masalah kelembagaan serta alat kelengkapan organisasi koperasi dan kemampuan para pengelolanya. adapun masalah yang berkaitan dengan pengembangan usaha adalah :

1) dalam pelaksanaan usaha, koperasi masih belum mampu sepenuhnya   mengembangkan kegiatan di berbagai sektor perekonomian karena belum memiliki kemampuan manfaatkan kesempatan usaha yang tersedia. 2) belum sepenuhnya tercipta jaringan mata rantai tataniaga yang efektif dan efisien, baik dalam pemasaran hasil produksi anggoranya maupun dalam distribusi bahan kebutuhan pokok para anggotanya. 3)terbatasnya modal yang tersedia

C. Aspek Lingkungan 

1)kemauan politik yang kuat dari amanat GBHN 1999-2004 dalam upaya pengembangan
  koperasi, kurang diikuti dengan tindakan - tindakan yang konsisten dan konsekuen dari seluruh lapisan struktur birokasi pemerintah. 

2)kurang adanya keterpaduan dan konsistensi antara program pengembangan koperasi dengan program pengembangan sub-sektor lain, sehingga program koperasi pengembangan sub-sektor koperasi seolah-olah berjalan sendiri, tanpa dukungan dan partisipasi dari program pengembangan sektor lainnya. 

3)masih adanya sebagaian besar masyrakat yang belum memahami dan menghayati pentinganya berkoperasi sebagai satu pilihan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. 

4)sikap sebagian besar masyarakat di lingkungan masyarakat yang miskin dirasakan masih sulit untuk diajak berusaha bersama, sehingga di lingkungan semacam itu kehidupan berkoperasi masih sukar dikembangkan. 

2. Mengapa koperasi dijadikan sebagai soko guru perekonomioan!

v         Koperasi  merupakan "sokoguru" ekonomi yang sudah diakui dunia, meski dunia masih belum sepenuhnya menerapkan koperasi, namun tren ke arah sana (koperasi) sudah ada, terbukti dengan adanya sosok Muhammad Yunus dengan Grameen Bank yang menerima Nobel. "Koperasi sebagai guru terlihat dari koperasi tembakau dan cengkih yang menyokong (menyumbang) pabrik rokok, atau koperasi kopra yang menyokong pabrik minyak Bimoli. Jadi, bukannya tidak setuju supermarket, tapi lebih setuju supermarket yang di dalamnya ada gabungan mereka yang besar dan kecil.

v   Menurut M. Hatta sebagai pelopor pasal 33 UUD 1945, koperasi dijadikan sebagai sokoguru perekonomian nasional karena :

A.Koperasi mendidik sikap self helping
B.
Koperasi mempunyai sifat kemasyarakatan , dimana kepentingan masyrakat   harus lebih   diutamakan daripada kepentingan pribadi dan golongan sendiri
C.koperasi digali dan dikembangkan dari budaya asli Indonesia
D.koperasi menentang segala paham yang berbau individualism dan kapitalisme
dalam era globalisasi ekonomi sekarang, koperasi tetap dipandang sebagai sokoguru perekonomian nasioanl. Hal ini tidak terlepas dari jatidiri kopersi itu sendiri dalam gerakan dan cara kerjanya selalu mengandung unsur-unsur yang terdapat dalam asas-asas pembangunan nasional seperti yang termaktub dalam GBHN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar